CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 20 Maret 2009

lalala...belajar di belanda

Ada yang tertarik belajar ke luar negeri, nggak?Jaman skarang, beasiswa udah banyak dan bisa didapet sama semua orang (nggak harus jenius banget baru dapet beasiswa, ato harus kerja di sini dulu lah, blablabla), bahasa bukan kendala lagi, kalo emang belum fasih-fasih amat bisa kursus, terus jalannya emang kebuka. Universitas yang dituju nggak melulu harus UI sama ITB, kan? Di luar (negeri) sana banyak banget universitas yang nawarin studi berkualitas, tanpa harus keluarin ratusan juta (apalagi kalo dapet scholarship:) ) ,nyata-nyata punya peringkat lebih bagus dan lebih diakui di dunia. Cek  http://www.topuniversities.com/university_rankings/results/2008/overall_rankings/fullrankings/ .Di mana universitas-universitas top Indonesia??

Terus, ada satu negara yang gw lihat menarik sebagai tempat tujuan belajar, namanya Belanda. Haha, jangan sensi karena negara itu, dulu menurut buku sejarah SD, sudah menjajah kita selama 350 tahun ya. Waktu dateng ke sebuah pameran pendidikan Eropa yang namanya EHEF (European Higher Education Fair) di Hotel Kartika, ada mas-mas yang memberikan penjelasan tentang InHolland (www.inholland.nl/inhollandcom/). Karena lumayan tertarik, jadi gw browsing di internet deh soal Belanda.

Jadi....

Belanda (Netherland, ato juga populer disebut Holland) itu negara kerajaan yang kalo diliat kecil di Eropa Barat yang terkenal sama van Gogh, Erasmus, tulip, dan kincir anginnya. Menawarkan ribuan course, yang ternyata hampir semuanya menggunakan bahasa Inggris! Terus degree yang bisa dikejar juga beragam, mulai dari Bachelor sampe PhD. Bahkan short course dan pelajaran bahasa yang non-degree buat mengisi liburan juga ada. 

Institusi pendidikan di Belanda itu dibagi 3, yaitu :

1. University, yang lebih berorientasi kepada riset.

2. University of Applied Science, yang menyiapkan siswanya untuk bekerja. Istilahnya apa ya, lebih vocational gitu deh.

3. Institute for International Education, yang suited for siswa internasional dan course-nya dalam bahasa Inggris.

Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan gelar di tiap jenis institusi juga beda, Liat  http://www.nuffic.nl/ aja detailnya.

Dari website ranking universitas yang gw pajang di atas, 12 univ Belanda masuk ranking, dan 11 di antaranya masuk 200 besar. Beberapa yang paling top adalah Leiden, Eindhoven, Utrecht, dll dll. Business school-nya Belanda juga terkenal dan bereputasi di dunia. 

Selain universitas yang punya nama di dunia, asiknya belajar di Belanda adalah biaya pendidikan dan living cost yang relatif lebih murah daripada negara-negara Eropa lainnya (13.000 - 22.000 Euro per tahun untuk siswa internasional, sudah termasuk living cost yaa), gaya hidup dan kebudayaan masyarakatnya yang kuat, masyarakatnya yang kebanyakan bisa berbahasa Inggris dengan baik (gak perlu khawatir bakal jadi alien di negeri orang deh), Belanda yang letaknya di tengah Benua Eropa bikin kita deket dengan kota-kota besar kayak Paris dan Berlin. Jadi, siapin diri buat seneng-seneng juga yaa pas belajar di Belanda...Hmm..ntar buat lebih lanjutnya gw nulis lagi deh...adieu!! 

Links :

www.nuffic.nl - informasi penting untuk yang berminat studi ke Belanda, ada daftar course juga

www.getscholarship.net - informasi beasiswa

http://www.nesoindonesia.com/ -  perwakilan Nuffic di Indonesia

0 comments: